Dulunya Wartawan, Kini Bambang Soesatyo Resmi Menjadi Ketua DPR RI

Jakarta, SBSINews.id – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta akhirnya memutuskan Bambang Soesatyo (Ketua komisi III) menjadi Ketua DPR-RI menggantikan Setya Novanto. Senin (15/1/2018).

Terpilihnya pria yang akrab disapa Bamsoet itu dalam rapat yang digelar terbuka yang dihadiri tiga Wakil Ketua DPR yakni Fahri Hamzah, Taufik Kurniawan dan Agus Hermanto serta 307 anggota DPR lainnya.

“Rapat dinyatakan terbuka untuk umum, rapat paripurna ini punya 3 agenda, yaitu pemberhentian Ketua DPR RI (Setya Novanto), penggantian Ketua DPR RI (dijabat Bamsoet), dan pelantikan antar waktu anggota DPR RI,” kata Agus Hermanto yang dipercaya menjadi pimpinan rapat tersebut.

Sebelum meminta persetujuan pelantikan Bamsoet dari forum paripurna, Agus mempertanyakan terkait surat-surat masuk dari Fraksi Golkar. Setalah merasa cukup Bamsoet akhirnya melafalkan sumpah dipandu Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali

“Apakah penggantian Ketua DPR RI dari Fraksi Golkar dari Drs H Setya Novanto kepada Bambang Soesatyo dapat disetujui?” ujar Agus.

“Setuju!” jawab peserta paripurna.

Wartawan Menjadi Ketua DPR

Dikutib dari WikiDPR.org, Ketua Komisi III DPR RI tersebut adalah lulus S1 dari Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia, Jakarta pada tahun 1987 dan S2 di Bisnis, IM Newport Indonesia (1991). Istrinya bernama Lenny Sri Mulyani.

Langkah Bamsoet mengawali karirnya di industri media dan jurnalistik di 1985 dengan menjadi wartawan pada Harian Umum PRIORITAS. Pada 1991, Bamsoet menjadi Pemimpin Redaksi Majalah INFO BISNIS dan di 2004 menjadi Pemimpin Redaksi Harium Umum Suara Karya. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur di beberapa perusahaan swasta.

Selanjutnya pada 2008, Bamsoet bergabung di Partai Golkar dan menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat.

Nama Bamsoet kian melambung pada Pemilu 2009, Bamsoet berhasil terpilih menjadi Anggota DPR-RI dari fraksi Golkar dari daerah pemilihan Jawa Tengah VII (Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen). Tak sampai disitu saja pada periode 2009-2014, Bamsoet duduk di Komisi III yang membawahi Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kejaksaan Agung, Kepolisian dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Kariernya pun berlanjut dengan tahun ini dipercaya sebagai Ketua DPR RI.(syaiful)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: