Sekjend FPPK SBSI Lakukan Konsolidasi Dengan Buruh Perkebunan

BERSAMA - Sekjend FPPK Hendrik Hutagalung bersama Manager dan kepala perkebunan di Bengkulu. (ist)

BENGKULU, SBSINews.id – Sekretaris Jenderal (Sekjend) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Federasi Pertanian, Perkayuan dan Konstruksi (FPPK) Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Hendrik Hutagalung lakukan konsolidasi dengan PT. Ciptamas Bumi Selaras Site Nasal Kebun Ciputra, Kabupaten Kaur, Senin (12/2/2018).

Kepada SBSINews.id, Hendrik mengungkapkan bahwa ia sengaja hadir langsung ke lokasi guna memberi pemahaman berserikat dan membentuk Pengurus Komisariat (PK) di perusahaan tersebut.

“Sebagai Sekjend DPP FPPK saya mencoba berkoordinasi langsung dengan kepala kebun agar dapat membentuk SBSI yang sejatinya bergerak untuk melindungi hak-hak dan kewajiban buruh perusahaan. Kedatangan kita direspon baik¬† demi kesejahteraan,” kata Hendrik.

Kondisi dilapangan sendiri diakui pemilik kebuh bahwa hingga saat ini hak tersebut sudah terpenuhi bahkan Buruh Harian Lepas (BLH). Saat dikonfirmasi kepada pekerja yang merupakan petugas keamanan di perusahaan tersebut dijelaskan bahwa BHL yang sudah lama bekerja sudah diberikan BPJS.

“BHL yang masih baru belum didaftarkan ke BPJS, terkait sistem pengupahan di perusahaan sudah sesuai dengan UMP,” kata Riswan dan Sutrisno.

KONSOLIDASI – Sekjend FPPK SBSI Hendrik Hutagalung foto bersama petugas keamanan perusahaan dalam konsolisdasi di Bengkulu.(ist)

Sementara itu, saat ditanya kepada kepala kebun terkait upah pemupukan. Untuk pemupukan mereka menargetkan 2 Ha perorang dengan dosis pupuk 2,5 Kg/pokok dan jumlah tanaman 125 batang/Ha dan basis upah Rp 75.000.

“Melihat medan lapangan yang begitu curam dan terjal saya bertanya bagaimana melangsir pupuknya ke lapangan, ternyata pupuk diangkut menggunakan kendaran double gardan dari pasar,” papar Hendrik.

Diakhir pembicaraan selaku Sekjend FPPK, manager dan kepala kebun diingatkan untuk memperhatikan nasib dan kesejahteraan kehidupan buruh.

Kita meminta manager dan kepala kebun agar memberikan kebebaskan buruh/pekerja berserikat,” tutup Hendrik.(syaiful)

Baca Juga: http://sbsinews.id/sampaikan-aspirasi-ratusan-anggota-sbsi-datangi-kantor-dprd-lahat/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*